Sadap WhatsApp

5 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

 

5 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap – Penyadapan merupakan salah satu aksi mematai – matai perilaku seseorang,di Era teknologi seperti ini sangat begitu mudah aksi penyadapan dapat di lakukan dan kita tidak tau apakah saat ini kita aman dari aksi penyadapan atau tidak,memang aksi penyadapan ini tidak selalu berbau kriminal atau pencurian,bahkan penyadapan dapat di nilai positif contoh untuk pengungkapan kasus korupsi dan sebagainya.

Isu penyadapan sampai hacking tidak lepas juga menghampiri aplikasi pesan popular WhatsApp,Apalagi banyak sekali literasi cara sadap WhatsApp di media sosial menjadikan siapapun bisa mempelajarinya,kabar terbaru mengenai dugaan peretasan Aplikasi WhatsApp di Indonesia terjadi pada Aktivis Ravio Patra,sampai – sampai Ravio Patra melaporkan ke pihak kepolisian terkait dugaan peretasan aplikasi WhatsApp miliknya.

Apakah Aplikasi WhatsApp tidak aman?

No sytem is Safe,kata – kata ini mungkin sering kita dengar apabila mengulik dunia hacking,memang faktanya sekuat apapun Aplikasi di buat pasti masih ada celah untuk mengakali supaya bisa di retas celah keamanannya,tak terkecuali dengan Aplikasi WhatsApp, banyak rumor yang beredar aplikasi besutan Facebook.com ini menjadi incaran hacker karena pengguna dari aplikasi ini sangat banyak,sehingga akan banyak pula data maupun informasi yang bisa di dapatkan apabila bisa meretas aplikasi WhatsApp.

Sebenarnya pengembangan sistem keamanan aplikasi WhatsApp sudah beragam dalam upaya mencegah terjadinya peretasan tersebut,seperti baru- baru ini WhatsApp memberikan fitur keamanan Fingerprint Lock yang bisa di gunakan oleh pengguna supaya dapat meningkatkan keamanan Aplikasi pesan Whatsappnya,selain itu WhatsApp mengunakan enkripsi end-to-end yang berarti WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat membaca dan mendengarkannya,Namun kembali lagi kepada penggunanya apakah mau menggunakan fitur tersebut atau tidak untuk lebih mengamankan aplikasi pesan WhatsApp.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Whatsapp Dark Mode di Android,iPhone dan PC

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak di sadap

Nah terkait keamanan Aplikasi WhatsApp berikut 5 Cara Mengamankan WhatsApp Agar tidak di sadap yang bisa kita lakukan supaya kita terminimalisir aksi peyadapan terhadap aplikasi WhatsApp kita.

#1. Aktifkan Fingerprint Lock / Kunci sidik jari

Fingerprint Lock WhatsApp
Foto : zignatic.com

Fitur ini hadir untuk pengguna WhatsApp yang support dengan Sensor sidik jari,dengan di aktifkannya fitur ini aplikasi WhatsApp akan terhindar dari penyalahgunaan dan hanya yang punya akses sidik jari yang bisa menggunakan aplikasi pesan tersebut.

Berikut Cara mengaktifkan Fingerprint Lock  pada WhatsApp :

  • Setelan > Akun > Privasi > Kunci Sidik Jari

Kemudian bisa Anda pilih untuk mengaktifkan fitur ini.

#2. Selalu Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web Aktif
Foto : kitashare.net

WhatssApp web merupakan salah satu fitur yang bisa di gunakan untuk membuka Aplikasi WhatsApp di PC / Laptop,cara install Whatsap di PC pun cukup mudah dan cepat,dengan aktifnya WhatsApp web artinya aplikasi Whatsapp bisa aktif dan bisa di buka di perangkat desktop (PC / Laptop), apabila saat ini Aplikasi WhatsApp web anda aktif dan anda tidak merasa menggunakannya di perangkat desktop, kemungkinan WhatsApp anda sedang di sadap.

Berikut cara untuk mengecek whatsapp web :

  • Klik tombol pilihan atas > pilih Whatsapp Web

Apabila ada yang mencurigakan silahakan pilih Keluar dari semua perangkat.

#3. Jangan berikan Kode OTP kepada siapapun

on-time password (OTP) merupakan salah satu  fitur keamanan yang populer dalam sistem keamanan elektronik saat ini,banyak aplikasi yang menggunakan OTP ini sebagai fitur keamanan dalam verifikasi aktivitas terhadap aplikasi,termasuk WhatsApp.

Fitur OTP pada whatsapp muncul pada saat akan awal login,contoh kasus apabila kita ingin berpindah ke perangkat smartphone lain,pastinya di minta untuk memasukkan kode verifikasi OTP supaya bisa masuk ke dalam aplikasi WhatsApp, nah jika kode itu salah Aplikasi WhatsApp kita pun tidak terbuka. ini lah salah satu celah yang di manfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan meminta kode OTP WhatsApp untuk di berikan.

Apabila kode OTP tersebut di berikan,secara otomatis orang tersebut akan bisa masuk dan mengakses aplikasi whatsapp kita secara keseluruhan,ini lah yang patut di mengerti dan waspada akan kode OTP tersebut.

Baca juga :  Ciri WhatsApp Diblokir Oleh Orang Lain

#4. Gunakan Fitur Verifikasi 2 langkah ( two-step verification)

Fitur two-step verification merupakan salah satu fitur keamanan opsional yang di berikan oleh WhatsApp,artinya anda bisa menonaktifkan fitur ini.fitur Verifikasi 2 langkah berfungsi sebagai fitur tambahan artinya akan ada 2 verifikasi yang pertama adalah verifikasi kode OTP dan yang kedua adalah kode verifikasi kode PIN 6 digit yang anda buat, jadi orang yang akan menggunakan / mencoba meretas akun WhatsApp Anda akan melalui 2 Verifikasi tersebut.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setalah mengaktifkan fitur ini,anda nanti di minta untuk menautkan alamat email yang fungsinya untuk menonaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ke akun anda apabila suatu saat Anda lupa PIN 6 digit tersebut.pastikan alamat email yang di berikan valid.selain itu nntuk membantu Anda mengingat PIN Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda secara berkala. Tidak ada opsi untuk menonaktifkan ini tanpa menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

#5. Gunakan dan Selalu update aplikasi Resmi di Playstore

Whatsapp
Foto : whatsapp.com

Saat ini banyak aplikasi Unofficial yang dapat di unduh dan di pakai oleh pengguna WhatsApp,karena fitur – fitur yang bisa di pakai lebih variatif,namun perlu di ketahui apabila aplikasi tersebut tidak terpercaya akan menimbulkan efek buruk terhadap keamanan data dan komunikasi anda,kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi resmi dari WhatsApp demi keamanan data anda.

Dalam pengembangan, WhatsApp akan selalu update terkait fitur dan keamanan untuk itu Anda perlu sering untuk mengecek apakah ada update terbaru dari aplikasi Whatsapp dan di sarankan untuk segera download aplikasi WhatsApp terupdate.

Kesimpulan

Keamanan data dan komunikasi menjadi isu penting dalam transaksi elektronik,aware terhadap fitur – fitur keamanan aplikasi sangat di butuhkan supaya kita tau apa yang harus kita lakukan untuk menjaga privasi kita dalam mengkases transaksi elektronik.itulah tadi mengenai 5 cara mengamankan WhatApp agar tidak di sadap,apabila ada masukan silahkan diskusi di komentar.

Leave a Comment